Tuesday, July 16, 2013

Cara Back Up dan Restore Senayan Versi Meranti Melalui Phpmyadmin

Back up data yaitu kegiatan membuat cadangan data dengan menyalin / memindahkan data tersebut ke media penyimpan lain. Hal ini berguna sebagai cadangan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti data pada sistem utama hilang atau corrupt karena kena virus. Sebaiknya, kegiatan back up data ini dilakukan secara berkelanjutan dengan rentang waktu yang disesuaikan dengan kebutuhan. Nah, untuk mengembalikan cadangan data ke sistem utama itu di namakan restore data.
Sebenarnya dalam modul senayan versi meranti yaitu modul systems sudah ada menu pilihan untuk memback up data. Namun, mungkin karena senayan saya termasuk versi meranti yang lama / belum upgrade, jadi ada beberapa sedikit kendala dalam memback up data.
Modul Bibliografi
Modul Bibliografi
modul systems pada senayan
modul systems pada senayan
Jadi, begini, suatu ketika, saya mencoba back up data bibliografi yang sudah saya input ke database senayan. File hasil back up kebeetulan saya simpan ke drive C://xampp/htdocs/meranti/files/backup. Proses back up selesai. Namun, setelah saya cek hasil back up nya, ukuran file tersebut masih 0 kb dan tidak ada isinya sewaktu saya buka.
ukuran file back up 0 kb
ukuran file back up 0 kb
Setelah saya berkonsultasi dengan suhu-suhu SLIMS di grup Senayan Library Automation di facebook, kemudian akhirnya saya mendapat pencerahan untuk back up data melalui phpmyadmin atau solusi kedua dengan upgrade senayan saya. Saya akhirnya memilih opsi pertama. hehe
Jadi, berikut ini cara back up data senayan versi meranti melalui phpmyadmin:
1. Aktifkan server apache dan mysql. Saya menggunakan xampp.
2. Buka localhost/phpmyadmin. Saya menggunakan server lokal
3. Buka database meranti anda. Database saya bernama meranti.
Database senayan pada phpmyadmin
Database senayan pada phpmyadmin
4.  Selanjutnya akan muncul sekumpulan table pada database anda. Selanjutnya, klik menu ekspor. Pilih tabel yang akan di back up, kalau saya, saya pilih semua. Hasil back up saya, saya buat dalam bentuk sql, kemudian pilih go.
Tampilan table dalam senayan versi meranti
Tampilan table dalam senayan versi meranti
Ekspor
Ekspor
5. Setelah itu, simpan hasil ekspor tersebut. Proses back up selesai.
 
Menyimpan hasil back up
Menyimpan hasil back up
 Untuk cara restore database senayan, seperti berikut ini:
1. Buka localhost/phpmyadmin.
2. Buka database yang mau di restore.
Database senayan
Database senayan
3. Pilih tabel yang akan direstore, kalau saya, saya pilih semua tabel. Setelah itu pilih empty - go. Tabel di kosongkan untuk menghindari terjadinya penumpukan data.
Truncate table
Truncate table
 
sql has truncated succesfully
sql has truncated succesfully
 4. Pilih menu import. Browse file back up, klik ok.
Browse file yang akan dimport
Browse file yang akan dimport
Import sukses
Import sukses
5. Database telah di restore dan kembali dengan baik.
Tampilan bibliografi setelah di restore
Tampilan bibliografi setelah di restore
Sekian tutorial sederhana cara back up dan restore SLIMS (Senayan Library Information Management Systems) versi meranti. CMIIW.
 
PS: terima kasih untuk mas  Agus Widianto ,mas Sanak Hardan, mas Zae Mahrus, mas Ahmad Anwar, mas Aril Apria Susanto, dan mas Arie Zhen untuk penjelasan singkatnya.

Sekian. CMIIW :D

No comments:

Post a Comment