Monday, January 9, 2012

Bete kena insomnia? Begini salah satu solusinya :)


Emang sih, kalo kena insomnia ada untung ruginya. Untungnya kita bisa ngerjain tugas yang bejibun sampe pagi dah. Tapi yang jadi masalah, klo pas banyak tugas, ane malah gampang ngantuknya yak daripada susah tidurnya, walaupun udah ngopi. Tetep aja ngantuk. 
                                                                       
Well, udah OOT nih, hehe. Back to topic.
Menurut Bang Wikipedia, Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun.

Ingin tau cara mengatasinya?? Klik see more yaaa :D


Seringkali kalo badan capek, lemah, letih, lesu, en mata udah berat, udah ngantuk, tapi tetep aja gak bisa tidur. Mata susah terpejam. Padahal besok harus bangun pagi, hadah. Udah glibak-glibuk ke kanan-ke kiri, merem. Tetep susah. Jam bergulir ampe dini hari, masih belum mau merem, padahal ntar harus ngampus pagi.Hmm
Enaknya insomnia itu, kalo ada temennya, ya gak? hayoo ngaku :D Bisa curhat-curhatan, cerita, ngerjain tugas (ini penting), ngegame (jangan ditiru yak), nonton tipi, makan, mandi, (well, lupain yang tadi, -__-).
But...
Kalo gak ada temennya, haduh, gak lagi deh. Apalagi jauh dari yang namanya tipi, game, hemm
Nah, buat kamu yang kena insomnia, ini ada sedikit inpoh buat kamu:

Sulit tidur sering terjadi, baik pada usia muda maupun usia lanjut; dan seringkali timbul bersamaan dengan gangguan emosional, seperti kecemasan, kegelisahan, depresi atau ketakutan. Kadang seseorang sulit tidur hanya karena badan dan otaknya tidak lelah. Orang yang pola tidurnya terganggu dapat mengalami irama tidur yang terbalik, mereka tertidur bukan pada waktunya tidur dan bangun pada saatnya tidur.

Penyebab sulit tidur yaitu:
  1. Jet lag (terutama jika bepergian dari timur ke barat).
  2. Bekerja pada malam hari.
  3. Sering berubah-ubah jam kerja.
  4. Penggunaan alkohol yang berlebihan.
  5. Efek samping obat (kadang-kadang).
  6. Kerusakan pada otak (karena ensefalitis, stroke, penyakit Alzheimer).

 Cara mengatasi insomnia yaitu:
  1. Mandi air hangat
Mandi di air hangat terbukti dapat merelaksasi tubuh kita. Namun, jangan lama-lama mandinya, ntar ketiduran di sana kan repot, hehe. Selain itu kelamaan mandi di air hangat dapat mengurangi vitalitas kita.

     2.  Mendengarkan musik
Mendengarkan musik dalam hal ini musik soft ataupun musik jazz. Don't ever do this : mendengarkan musik rock di saat ingin tidur. Malah memperparah itu, ntar malah sekalian ajojing -____-".

     3.  Stay in bed
Well, cara ini lumayan ampuh. Secara, kalo loe biasa tidur di tempat tidur, kecuali di kamar mandi langsung molor. Kalo yang ini mah, bukan insomnia namanya, hehe. Tinggalkan aktivitas seperti makan, ngemil, nonton tipi, mikirin betapa ruwetnya dunia, de el el. Tidur, ya tidur. Walaupun banyak pikiran en aktivitas tapi badan dan pikiran sekalipun juga butuh istirahat kan,

      4.  Matikan lampu atau gunakan lampu temaram
Lampu yang terang menyebabkan kamu susah untuk tidur. Namun, sebagian besar orang susah tidur kalo lampunya tidak terang. Nah, untuk menyiasatinya gunakan lampu temaram yang berwarna kuning cahayanya. Lampu yang terang mengakibatkan mata susah terpejam, dan ada yang menyebutkan kalo lampu yang terang di kamar tidur dapat menyebabkan efek samping bagi kesehatan. Nah, kalau tidak berani matiin lampu waktu mau tidur, lampu temaram bisa jadi alternatif buat kamu.

      5.  Konsultasi ke dokter
Well, jika cara diatas kurang manjur, dan insomnia terjadi terus menerus, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. karena bila kita kekurangan waktu untuk istirahat bisa mengakibatkan keseimbangan tubuh kita terganggu..

NB: kebutuhan tidur setiap orang berbeda-beda. Namun, rata-rata waktu tidur 7-8 jam. Hal ini akan berkurang seiring dengan pertambahan usia.  Nah, mungkin salah satu cara diatas kurang manjur untuk sebagian orang. Maka dari itu, tetep semangat cari solusi yang cocok untuk tubuh kita sendiri yak,  :D


  








    No comments:

    Post a Comment